Minggu, 24 April 2011

PROPOSAL SAMBUT RAMADHAN FKPI 2010


FKPI           
Forum Komunikasi Pemuda Islam
Jl. A. Yani Km 1 Rt 1 Rw 1 Desa Kintapura Kec. Kintap Kab. Tanah Laut
Kalimantan Selatan Kode Pos 70883
Telp: 081348766557 – 085248788969 – 085248745510
Email: fkpi_tb@yahoo.co.id
 


A.   Dasar Pemikiran

Dalam menapak kehidupan dan perkembangan kehidupan manusia ( Masyarakat ), tentunya banyak sekali perubahan yang terjadi. Mulai dari cara hidup, perubahan nilai budaya, sampai pada berubahnya pola pikir. Semua itu  dikarenakan  berkembangnya  dunia pendidikan dan teknologi.

Semakin berkembangnya dunia pendidikan diharapkan akan semakin banyak perubahan yang akan terjadi. Mulai dari cara hidup, gaya hidup, semangat hidup dan menumbuhkan generasi baru dalam kehidupan. Namun semua keinginan  tersebut akan beda hasilnya tatkala dihadapkan pada satu titik. Dimana titik tersebut dihuni oleh orang – orang yang tidak peduli dengan dunia pendidikan.

Semakin bertambah hari semakin banyak ide gila yang bermunculan, Semua ide gila tersebut hasil dari kajian secara langsung maupun tuntutan nafsu manusiawi yang selalu ingin mudah dan cepat. Akhir dari ide orang – orang  hebat tersebut lahirlah beberapa teknologi canggih yang mempunyai dua mata yang  sangat tajam.

Perkembangan teknologi laksana jamur dimusim hujan, muncul dari berbagai macam merk dan label. Perkembangannya Sangat banyak memberikan manfaat kepada pengguna dan tidak sedikit juga memberikan mudharat kepada pemakainya. Apalagi saat ini teknologi tersebut sudah menjadi kebutuhan bukan lagi sebagai lambang kejayaan atau orang berada. Dengan teknologi orang bisa mengetahui semua apa saja yang diinginkan, mulai dari yang positif sampai negatif.Tergantung penggunanya. Apakah teknologi tersebut digunakan untuk hal – hal yang membuat mereka berkembang ataukah cuman sebatas hiasan dan menjadi alat petualangan sejati.

Dua penomena tersebut diatas, yang paling di ikuti perkembangannya oleh orang tua, anak – anak, remaja dan pemuda adalah teknologi Hand Phone ( HP ). Hampir semua produk terbaru teknologi HP tersebut masyarakat memilikinya, dari yang biasa – biasa saja sampai dengan  yang luar biasa.

Sangat berbeda dengan penomena kedua yaitu pendidikan, masyarakat Kintap sangat kurang sekali mengikuti perkembangan dunia pendidikan terutama masyarakat lokal. Mareka beranggapan pendidikan itu tidak penting yang terpenting adalah bekerja.”  mencari uang sebanyak banyaknya dan bekerja sekeras – kerasnya pasti hidup akan bahagia ” kata para orang tua kepada anak – anak mereka.

Budaya mementingkan bekerja dari pada sekolah adalah budaya turun temurun ( peninggalan oring tua dulu ). Faktor penyebab mengapa mereka beranggapan pendidikan itu tidak penting, dikarenakan mereka terlena dan ditidurkan oleh kekayaan alam yang mereka nikmati. Apa saja yang mereka inginkan tinggal mengambil dari alam tersebut. Mereka beranggapan tidak perlu pendidikan tinggi untuk mendapatkan uang yang banyak. Cukup menebang satu sampai  3 batang pohon saja, meraka suda bisa hidup dalam satu minggu.

Kondisi fasilitas yang cukup dari alam ini sekarang sudah sangat tidak mungkin lagi. Namun yang menjadi penyebab sekarang mengapa mereka banyak memutus sekolah anak – anak  mereka, dikarenakan faktor biaya dan lingkungan.

Para orang tua yang memiliki  pendidikan minim dan link  yang lemah sangat sulit sekali mendapatkan pekerjaan yang layak dan cukup untuk biaya hidup keluarga. Sehingga menyebabkan orang tua mengeluh dan putus asa. Akhirnya mereka mengambil alternatif terakhir memperkerjakan anak mereka di usia sekolah.

Kondisi lingkungan yang tidak kondisif, pertemanan yang tidak positif atau salah dalam memilih teman keseharian menyebabkan anak terhambat dalam mencapai cita – cita. Banyak Fakta ditemukan gagalnya atau tidak semangatnya si anak dalam meneruskan pendidikan dikarenakan faktor pertemanan yang tidak mengarah kepada perkembangan anak atau menambah motivasi dalam mencapai cita – cita.

Untuk itu Forum Komunikasi Pemuda Islam berdiri dengan tegak menjembatani anak – anak diusia sekolah, menjadikan mereka agen perubahan dimasa yang akan datang. Dengan cara membikin jaringan yang kokoh antar pelajar dari berbeda sekolah dan menjadikan communitas baru, agar mereka memilki teman satu visi dan misi dan kedepannya  mereka dapat melakukan hal – hal yang positif secara bersama – sama. 

  
Dengan adanya program FKPI SAMBUT RAMADHAN ini, diharpakan dapat mengelola dan  mengarahkan  pemuda dan remaja yang masih dibangku sekolah agar mareka aktif, kreatif dan inovatif menggali sumberdaya lokal yang ada dimasyarakat. Dan menjadi momentum terbaik untuk menyamakan persepsi, pandangan dan pola pikir untuk tercapainya kintap yang lebih baik dari sekarang dan terwujudnya SDM lokal yang mumpuni dan mampu bersaing.

B.   PROGRAM FKPI SAMBUT RAMADHAN 1431 H.
Program sambut Ramadhan 1431 H ada 4 rangkaian kegiatan berbeda waktu dan tempat pelaksanaan.

1.   PESANTREN RAMADHAN II

    Program pendidikan yang di laksaksanaka setiap bulan ramadhan, kegiatan pesantren Ramadhan II ini, lebih kepada pemupukan mental peserta dengan cara berdiskusi bersama dan diajarkan cara menyampaikan pendapat didepan orang banyak.

v  Tema Pesantren Ramadhan II
“ KALAU BISA SEKARANG KENAPA HARUS MENUNGGU TUA ‘
v  Tujuan Dan Harapan:
1.    Menghidupkan syiar Ramadhan.
2.    Menumbuhkan rasa kebersamaan remaja antar sekolah.
3.    Memberikan pembelajaran wudhu dan sholat secara benar dengan sistem peraktek.
4.    Menyamakan pola pikir, bahwa remaja adalah pemuda yang akan mengambil tongkat estapet kepemimpinan masa depan.
5.    Menanamkan semangat, motivasi, kepada pemuda, merekalah agen perubahan dan harus aktif, kreatif, inovatif menuju KINTAP JAYA.

v  Peserta Yang Mengikuti Pesantren Ramadhan II
Peserta yang mengikuti Pesantren Ramadhan II tahun ini meliputi  kecamatan kintap dan sebahagian dari kecamatan jorong. Dengan rincian peserta sebagai berikut:

1.    SMAN 1 Kintap 30 Orang
2.    MTsN 1 Kintap 30 Orang
3.    SMPN 1 Kintap 30 Orang
4.    SMA Al Hidayah Kintap 20 Orang
5.    SMPN 2 Kintap 10 – 20 Orang
6.    SMPN Muara Kintap
7.    SMPN 4 Kintap 10 – 20 Orang
8.    MTs Miftahul Ulum 10 – 20 orang.
9.    MA Miftahul Ulum 10 -20 orang
10. SMP 2 Jorong 10 – 20 orang.
11.  Masyarakat Umum 10 -20 Orang

v  Materi Yang Disampaikan.

1.    Ma’rifatullah
2.    Pembelajaran Ilmu Fiqih :
- Macam – macam najis
- Pembagian air
- Bersuci hadast besar dan kecil
- Praktek Wudhu
- Praktek sholat Sholat
- Puasa
3.    Kesehatan reproduksi.
4.    Bahayanya pergaulan bebas.
5.    Wira usaha solusi tepat mengatasi pengangguran.
6.    Pentingnya membaca.
7.    Keistimewaan sodaqah
8.    Pemuda digaris terdepan.
9.    Remaja awal perubahan.
10. Narkoba secara hukum pidana
11. Narkoba tinjau dari segi kesehatan.
12. Kepemimpinan dalam kacamata  islam.
13. Mengenal Islam secara Mendalam
14. Mengenal lebih dekat kepribadian rasulullah.
15. Al muslim Akhul Muslim.
16. Gazwul Fikri ( Perang Pemikiran )
17. Ekonomi Syariah
18. Guru Ku Idola Ku
19. Cerdas cermat diakhir kegiatan.
20. Bedah Film:
a.  Tanah Air Beta
b.    Sang Pemimpi
c.    Ketika cinta bertasbih 2
d.    Garuda di Dadaku
e.    The King
v  Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Pesantren Ramadhan 2 dimulai dari Hari sabtu tanggal 14  Agustus sampai tanggal 3 September 2010 bertepatan tanggal 4 Ramadhan  sampai 24 Ramadhan 1431 H  ( Selama 21 hari ). Bertempat di Gedung Serba Guna Kintap.

2.   NGABUBURIT EDUCATION I

Program ini dirancang khusus untuk anak – anak SD dari kelas 4,5 dan 6. Kegitan ini lebih banyak dilapangan menggunakan fasilitas alam dengan metode pengajaran

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda, jangan lupa berikan komentar membangun