Minggu, 24 April 2011

PROPOSAL NGABUBURIT EDUCATION 2010


FKPI           
Forum Komunikasi Pemuda Islam
Jl. A. Yani Km 1 Rt 1 Rw 1 Desa Kintapura Kec. Kintap Kab. Tanah Laut
Kalimantan Selatan Kode Pos 70883
Telp: 081348766557 – 085248788969 – 085248745510
Email: fkpi_tb@yahoo.co.id
 


A.   Dasar Pemikiran

Dalam menapak kehidupan dan perkembangan kehidupan manusia ( Masyarakat ), tentunya banyak sekali perubahan yang terjadi. Mulai dari cara hidup, perubahan nilai budaya, sampai pada berubahnya pola pikir. Semua itu  dikarenakan  berkembangnya  dunia pendidikan dan teknologi.

Semakin berkembangnya dunia pendidikan diharapkan akan semakin banyak perubahan yang akan terjadi. Mulai dari cara hidup, gaya hidup, semangat hidup dan menumbuhkan generasi baru dalam kehidupan. Namun semua keinginan  tersebut akan beda hasilnya tatkala dihadapkan pada satu titik. Dimana titik tersebut dihuni oleh orang – orang yang tidak peduli dengan dunia pendidikan.

Semakin bertambah hari semakin banyak ide gila yang bermunculan, Semua ide gila tersebut hasil dari kajian secara langsung maupun tuntutan nafsu manusiawi yang selalu ingin mudah dan cepat. Akhir dari ide orang – orang  hebat tersebut lahirlah beberapa teknologi canggih yang mempunyai dua mata yang  sangat tajam.

Perkembangan teknologi laksana jamur dimusim hujan, muncul dari berbagai macam merk dan label. Perkembangannya Sangat banyak memberikan manfaat kepada pengguna dan tidak sedikit juga memberikan mudharat kepada pemakainya. Apalagi saat ini teknologi tersebut sudah menjadi kebutuhan bukan lagi sebagai lambang kejayaan atau orang berada. Dengan teknologi orang bisa mengetahui semua apa saja yang diinginkan, mulai dari yang positif sampai negatif.Tergantung penggunanya. Apakah teknologi tersebut digunakan untuk hal – hal yang membuat mereka berkembang ataukah cuman sebatas hiasan dan menjadi alat petualangan sejati.

Dua penomena tersebut diatas, yang paling di ikuti perkembangannya oleh orang tua, anak – anak, remaja dan pemuda adalah teknologi Hand Phone ( HP ). Hampir semua produk terbaru teknologi HP tersebut masyarakat memilikinya, dari yang biasa – biasa saja sampai dengan  yang luar biasa.

Sangat berbeda dengan penomena kedua yaitu pendidikan, masyarakat Kintap sangat kurang sekali mengikuti perkembangan dunia pendidikan terutama masyarakat lokal. Mareka beranggapan pendidikan itu tidak penting yang terpenting adalah bekerja.”  mencari uang sebanyak banyaknya dan bekerja sekeras – kerasnya pasti hidup akan bahagia ” kata para orang tua kepada anak – anak mereka.

Budaya mementingkan bekerja dari pada sekolah adalah budaya turun temurun                 ( peninggalan oring tua dulu ). Faktor penyebab mengapa mereka beranggapan pendidikan itu tidak penting, dikarenakan mereka terlena dan ditidurkan oleh kekayaan alam yang mereka nikmati. Apa saja yang mereka inginkan tinggal mengambil dari alam tersebut. Mereka beranggapan tidak perlu pendidikan tinggi untuk mendapatkan uang yang banyak. Cukup menebang satu sampai  3 batang pohon saja, meraka suda bisa hidup dalam satu minggu.

Kondisi fasilitas yang cukup dari alam ini sekarang sudah sangat tidak mungkin lagi. Namun yang menjadi penyebab sekarang mengapa mereka banyak memutus sekolah anak – anak  mereka, dikarenakan faktor biaya dan lingkungan.

Para orang tua yang memiliki  pendidikan minim dan link  yang lemah sangat sulit sekali mendapatkan pekerjaan yang layak dan cukup untuk biaya hidup keluarga. Sehingga menyebabkan orang tua mengeluh dan putus asa. Akhirnya mereka mengambil alternatif terakhir memperkerjakan anak mereka di usia sekolah.

Kondisi lingkungan yang tidak kondisif, pertemanan yang tidak positif atau salah dalam memilih teman keseharian menyebabkan anak terhambat dalam mencapai cita – cita. Banyak Fakta ditemukan gagalnya atau tidak semangatnya si anak dalam meneruskan pendidikan dikarenakan faktor pertemanan yang tidak mengarah kepada perkembangan anak atau menambah motivasi dalam mencapai cita – cita.

Untuk itu Forum Komunikasi Pemuda Islam berdiri dengan tegak menjembatani anak – anak diusia sekolah, menjadikan mereka agen perubahan dimasa yang akan datang. Dengan cara membikin jaringan yang kokoh antar pelajar dari berbagai sekolah dan menjadikan communitas baru, agar mereka memilki teman satu visi dan misi dan kedepannya  mereka dapat melakukan hal – hal yang positif secara bersama – sama. 
  
Dengan adanya program FKPI SAMBUT RAMADHAN ini, diharpakan dapat mengelola dan  mengarahkan  pemuda dan remaja yang masih dibangku sekolah agar mareka aktif, kreatif dan inovatif menggali sumberdaya lokal yang ada dimasyarakat. Dan menjadi momentum terbaik untuk menyamakan persepsi, pandangan dan pola pikir untuk tercapainya kintap yang lebih baik dari sekarang dan terwujudnya SDM lokal yang mumpuni dan mampu bersaing.

B.   Nama dan Tema Kegiatan
Kegitan ini kami beri nama Ngabuburit Education dengan tema “ REMADHAN MEMBACA “
Program ini dirancang khusus untuk anak – anak SD dari kelas 4,5 dan 6. Kegitan tersebut lebih banyak dilapangan menggunakan fasilitas alam dengan metode pengajaran
·         Rileks ( lebih banyak menggunakan bahasa bahasa yang mudah di cerna anak didik dan menggunakan bahasa tubuh ).
·         Bernyanyi dan bermain.
·          Diskusi atau interaksi antara pengajar dengan murid.

C.   Tujuan Dan Harapan:
1.    Menggali potensi anak sejak dini.
2.    Menanamkan kepercayaan diri anak.
3.    Menumbuhkan minat baca dan keingin tahuan anak.
4.    Menanamkan lebih dini tentang nikmatnya punya ilmu banyak.
5.    Saling berbagi dan menyayangi terhadap sesama.
6.    Sebagai Duta membaca bagi anak – anak yang lain.

D.   Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Ngabuburit Education I dari Hari Jum’at tanggal 20  Agustus  sampai tanggal 31 Agustus 2010 bertepatan tanggal 10 Ramadhan sampai 21 Ramadhan 1431 H  ( Selama 12 hari ). Bertempat di Lapangan Bola Kintapura ( Samping DANRAMIL Kintap).

E.    Materi Yang Disampaikan

  1. menceritakan gambar dalam bentuk tulisan / karangan.
  2. Menyimak isi bacaan dan menceritakan kembali isi bacaan.
  3. Menggambar kekeyaan alam dan menjelaskan potensi yang terkandung didalam gambar tersebut.
  4. Islamic for cheldren
    • Praktek Wudhu ( Rukun Fi’li )
    • Peraktek sholat ( Rukun Fi’li )
    • Matematika sodaqah
    • Sholat ashar berjamaah.
  1. Mengenal sejarah islam ( Muhammad Habiby )
  2. metode berhitung cepat
  3. Menulis Pantun islami
  4. Mengarang Puisi
  5. Belajar seni peran ( menceritakan Cerita dengan derama )
  6. Diskusi seputar ramadhan menurut pemahaman anak.
  7. Bernayanyi dan bermain yang mendidik

F.    Peserta Yang Mengikuti Ngabuburit I
Peserta yang mengikuti Ngabuburit Education  I meliputi  kecamatan kintap terdiri:

1.                    SDN Kintapura 7 Orang
2.                     SDN Kintap Lama 6 Orang.
3.                     SDN Pasir Putih 6 Orang.
4.                     MI Hidayatul Atfal 6 Orang.


G. ANGGARAN DANA

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda, jangan lupa berikan komentar membangun